Senin, 14 April 2014

Memperbaiki Polytron BigBand BB3201

Kebetulan kemarin ada seorang teman yang datang katanya Audio tape decknya terkena tumpahan kopi dan sekarang kondisinya matot alias mati total kenapa gak mandiin aja sekalian akhirnya saya coba bongkar...Wah ternyata rembesan masuk pas bagian PSU switching,akhirnya saya cabut blok bagian PSU untuk di bersihkan dari tumpahan air kopi yang masih menempel bersama kotoran debu.

PSU Switching Polytron BB3201
Setelah di bersihkan dan kering pada bagian ini saya periksa tiap-tiap komponen kalau dilihat dari segi fisik komponen tidak ada yang hangus gosong,saya cek mosfet masih dalam kondisi sehat tipe mosfet N-channel mengunakan UTC 7N65,Saya curiga rangkaian ini protect oleh bagian optocopler,Setelah di cek tiap komponen dioda,resistor akhirnya ketemu juga tersangkanya pada bagian primer ada yang short transistor kecil yaitu tipe A102.

Bagian transistor yang short

Setelah di ganti transistor yang rusak tersebut saya cek tegangan sudah keluar pada bagian DC sekunder ternyata ada tanda-tanda kehidupan,coba sambungkan tegangan pada soket rangkaian...Akhirnya hidup juga dan sudah bisa berdendang lagi.

72 komentar:

  1. Mau tanya remote bru dganti tp tidak fungsi kira2 apanya ya

    BalasHapus
  2. Mas kalau tape ny protec dimana kerusakan nya ya

    BalasHapus
  3. gan kalau kerusakannya audio sebelah tdk bunyi knp ya? speaker dicek normal, tp kl tombol surround diaktifkan jd bunyi walaupun suaranya kecil dan cempreng. pencerahannya gan trmksh

    BalasHapus
  4. Gan kalw bigband polytron 5210 kalw nyetel film ngadat knp ya

    BalasHapus
  5. Bos..dmn bs beli powersuplly big band polytron....

    BalasHapus
  6. min mau tanya big band saya kalo dibesarkan volumenya melewati separoh volume langsung mati arus lisriknya apa mungkin ada protecnya ya ,,, bagaimana mengakalinya min, mohon pencerahannya ? trims.

    BalasHapus
  7. klo beli power supply yg dh jd atau universal dmn y gan

    BalasHapus
  8. klo beli power supply yg dh jd atau universal dmn y gan

    BalasHapus
  9. Bb3210 gak ada suara. Bantuan donk gan . apa biang keroknya

    BalasHapus
  10. Mau tanya gan..bb3501 punya saya kalo bazoke di di level 2 atau 3 ada suara bunyi grek-grek.mohon bantuan

    BalasHapus
  11. Mau tanya gan..bb3501 punya saya kalo bazoke di di level 2 atau 3 ada suara bunyi grek-grek.mohon bantuan

    BalasHapus
  12. mau tanya gan kabel jek mic dimasukkan tp gak bunyi ya, kl masuk di colokan keyboard dll kok bunyi penyebabnya apa ya gan...mohon dibantu
    trims

    BalasHapus
  13. mau tanya ni mas bb3200 saya ko menu pada layar lcd di playernya ganti ganti sendiri function nya jadi ngga fokus mau pake yang mana padahal tombolnya ngga di pencet sama sekali...... solusinya gimana mas

    BalasHapus
  14. Mau nanya nih gan punya saya tadinya lembab mesinnya lalu saya bersihin nah pas dicoba lagi malah mati,dipencet powernya ga nyala tp lampu dibagian volume nyala normal.kira2 apanya tuh gan..? Terimakasih

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Numpang nanya gan,nomor seri transistor regulator power supplay pada bigband BB 2312 H berapa ya?

    BalasHapus
  17. Kalau gambarnya g bisa tampil itu apanya gan... Smua kabel dah dicb ok,tp disambungkan kevidio outputnya kok no signal.

    BalasHapus
  18. Klw arusnya ngedrop gi mana gan...?

    BalasHapus
  19. bukan a102 tapi R3402 type transistornya

    BalasHapus
  20. Mas pnya sy kasusnya sma seperti itu pwr suplay gk kluar tegangN pdhl sdh sy gnti tr yg 102,n mosfet tp ttp gk kluar kira2 apnya ya?

    BalasHapus
  21. Bos sy butuh mpeg big band 3201 politeon.

    BalasHapus
  22. Bos sy butuh mpeg big band 3201 politron.

    BalasHapus
  23. Bos saya punya big band suaranya kadang hilang kadang tidak,sudah saya coba pake tape juga gitu radio juga gitu kadang nyala lamaa truss hilang lagi suaranya, Kenap ya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah ngalamin dan bisa normal pake step Up Boss

      Hapus
  24. Cara menggunakan Aux pada BB 2312h gimana ya?..tq

    BalasHapus
  25. Cara menggunakan Aux pada BB 2312h gimana ya?..tq

    BalasHapus
  26. Cara menggunakan Aux pada BB 2312h gimana ya?..tq

    BalasHapus
  27. salam kenal mas, saya mau tanya:dvd polytron hifi saya klo dinyalain ada tulisan pa protek,sudah saya sordel ulang power samply nya trus saya coba nyalain bisa muter dvd,trus di off eh pas dinyalain lagi kumat lagi ada tulisan PA protek, apanya yg rusak ya pak. mohon saran nya,saya ucapkan banyak terima kasih n semoga bapak dilimpahkan rizky banyak...

    BalasHapus
  28. Klu punya saya bb3201 kondisi nyala indikator display, tapi tidak bisa on ..kenapa ya?

    BalasHapus
  29. klau lagi memutar lagu dan sering mati sendiri klau kita menambah Volume itu bgaimana cara memperbaikinya???

    BalasHapus
  30. kalau lagi Memutar Lagu dan Menambah volume sering mati sendiri dan ada bunyi seperti ada konsleting..solusinya dong??

    BalasHapus
  31. Psu big band klo di colok ke Pln tanpa beban, meteranx langsung jeglek, kira2 apax yg perlu di cek mas...

    BalasHapus
  32. master minta tolong bantuanya...bigband politron 3501 tombol normal tpikok fungsi tape ga bisa,dvd gamau muter gmau open close gak ada out vidio,line in juga ga bisa ga ada suara sama sekali......ibaratnya display normal tapi fungsi dari tiap bagian tape,dvd.line in.radio usb ga ada yg fungsi,mohon bantuanya para master

    BalasHapus
  33. Mau nanya gan,ini saya pnyaa polyntron big band gtu tapii smaa sayaa udahh bbrpaa harii gak pernahh di hidupin,,ehh tdii pas mauu di idupin malahh mati gak bisaa di apaa"in tapi mesin nyaa pnas gan..
    Kenpaa yaa gan???

    BalasHapus
  34. mhon solusinya dulur.kalo punyaku bb3201.kalo di nyalain cm lmpu indikator di volume yg nyala.tp nyalanya aneh.brubah menjadi ungu.no display.kira2 apanya yo.....

    BalasHapus
  35. Mohon solusinya mas, kenapa speaker polytronbigband BB3201 suaranya bergetar, kira2 apanya yg rusak mas ya? Sebelum dan sesudahnya terima kasih..

    BalasHapus
  36. Mohon bantuanya mas...cara memperbaiki bigban politron denan masalah tombol function tidak berfungsi...

    BalasHapus
  37. Ni adminnya kemana ya..kok udah banyak yg comment, ga ada yg dibalas sama sekali..???

    BalasHapus
  38. Bos... big ban ane rusaknya aneh ni... kaya kesambet setan, jadi kalau dinyalain, helo trus langsung goog bye. Minta bantuannya dong bos .. ni wa ane bro 089611503562

    BalasHapus
  39. Boss...mau tanya nih soal bigband ane ,kerusakan nya waktu di setel musik dgn volume 15 tiba2 mati total ,kira2 apa nya ya?????? Trus saya bongkar saya cek sikring nya masih bagus dan tdk ada yg kebakar ,,, tolong infonya bos qu

    BalasHapus
  40. Mas mau nanya nich dvd saya kok gak bisa kluar ia knp ..... ???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau display menunjukn open tpi tdak keluar bsa jadi dinamo rusak atau terganjal,,

      Hapus
  41. polytron saya gak mau keluar suaranya,,kenapa ya,,padahal lampu menyala semua. Mohon infonya !

    BalasHapus
  42. Polytron bigband saya yg rusak PSU Switching Polytron BB3201 di mna saya bisa dapatkan yg baru.

    BalasHapus
  43. Mas, bb5510 saya diodanya power supply 3 pcs tumbang, tr UTC 7N65, tr a102-nya jg tumbang... saya cari di toko2 elektronika yg jual komponen dan rangkaian kok gk ada yaaa...?
    Ada solusi lain pemggantinya mas...?
    Kalo tr UTC 7N65 sdh ketemu...

    Trims atas jawabannya

    BalasHapus
  44. salam kenal dari saya di sulawesi,bang biggband punya saya kl di kasih volume di atas 15 itu suaranya putus-putus / normal.mohon solusinya

    BalasHapus
  45. salam kenal dr sy bogor,gan sy punya bigband 3201 klo di colokin ko setrumnya turun alias ngejepret kilo meter listriknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu 7n65 kena..ky punyaku kemaren...diganti hidup lg..

      Hapus
  46. Beli di costumer servis di kota anda saja brader2, kalo mau ganti power smps komplit. Di jamin daprt ori...
    Saya punya baru ganti dan pasang sendiri. Tinggal colok sana colok sini kok...

    BalasHapus
  47. kalo output l kok gk bisa gimna cara memperbaiki output L gk ada suara

    BalasHapus
  48. Mau tanya om. Klo bignand saya kna petir kita2 apanya y..

    BalasHapus
  49. Kalo punya saya, disambungin ke tv ga ada gambar tapi suaranya ada. Itu salah dimana ya bro?

    BalasHapus
  50. Mas mau tanya klo servis big band di mana ya

    BalasHapus
  51. Kalau Resistor di R522 Ukuran nya brp ya?????

    BalasHapus
  52. Siang bos electro/pawang electronika,mohon bantu prncerahanny donk.
    Sy pnya big ban tipe3200s power suplaynya mati bos.dioda yg besar yg bejajar 8pcs itu panas dan ada yg meletus.kira2 jalur mana dan apa yg menyebabkan apa yg musti d ganti bos.mohon balesanya dong bos.
    (dioda mosfet sudah sy ganti tapi msh ada kemungkinan meledak lg dioda yg 8 pcs itu bos,karena kondisinya sy colokin udah lngsung panas diodanya)

    BalasHapus
  53. Bos, mau tanya seri t512 psu polytron bb 5510 ?
    Mksih bos.

    BalasHapus
  54. Maaf mas mau tanya cara perbaiki tape bigband tipe bb3200 hidup ada tulisan hello aja

    BalasHapus
  55. Gan tipe dioda buat big band politron serinya berapa ya.

    BalasHapus
  56. bagaimna caranya memesan barang ini

    BalasHapus
  57. Bang mau tanya
    Nilai kapasitor(elco)
    Di pcb itu nilainya berapa aja ya
    Soalnya sy dapat servisan bekas oprekan orang lain.
    Dan sudah nggak ada elconya sama sekali.
    Atas jawabannya trmksh bnyk dan smg dimudahkan rezekinya

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus